Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 11: Apakah Matematika Kontradiktif ? (Bagian Kesatu)


Releksi:

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 11: Apakah Matematika Kontradiktif ? (Bagian Kesatu)

Oleh: Dr. Marsigit
Direfleksi oleh:
DAFID SLAMET SETIANA
P. Mat B PPs UNY 2011
Aspek Ontologi
Pada hakikatnya matematika itu penuh dengan kontradiksi, meski pada praktiknya matematika dianggap sesuatu yang sudah paten dan dapat dilogika. 1+1 = 2, itulah matematika yang sudah tidak bisa diganggu gugat kebenarannya, namun jika kita berfilsafat, itu hanya lambang-lambang yang dibuat dan jangan terlalu percaya akan kebenarannya…1+1=11,,bisa saja…dan aku menganggap benar dengan berbagai kepercayaanku…tapi bisa saja itu salah. Benar tidak selalu benar dan salah tidak selalu salah….itulah dunia…
Aspek Epistimilogi
Suatu kebenaran yang sudah dipercayai berabad-abad itu belum tentu kebenaran yang sebenarnya. Jangan terlalu bangga akan sebuah kebenaran, tapi juga jangan terlalu takut akan sebuah kesalahan. Kebenaran bisa saja sebuah kesalahan dan begitu pula sebaliknya. Kebenaran di dunia ini sangat sangat relatif.
Aspek Aksiologi
Dengan merenungi elegi ini, kita akan lebih kritis terhadap semua fenomena yang terjadi di sekitar kita. Semoga kita selalu kritis dalam batas-batas kebaikan kita hingga perdamaian tetap terjaga…aminn..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGEMBANGAN ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LEARNING TRAJECTORY

ETNOMATEMATIKA KALENDER JAWA

PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA SMP