Refleksi: Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 15: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Kelima)

Refleksi:

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 15: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Kelima)

Oleh: Dr. Marsigit
Direfleksi oleh:
DAFID SLAMET SETIANA
P. Mat B PPs UNY 2011
Aspek Ontologi
Pada hakikatnya matematika yang kita pelajari selama ini adalah matematika yang terikat dengan ruang dan waktu. Matematika yang kita pelajari dinyatakan benar pada ruang dan waktu yang menganggapnya benar dan begitu pula sebaliknya. Ilmu matematika bukanlah segalanya ada matematika yang lebih hebat yaitu perhitungan-Nya.
Aspek Epistimologi
Ruang dan waktu sangat berpengaruh pada nilai kebenaran pada matematika yang selama ini kita pelajari.
Aspek Aksiologi
Dengan mencoba mengerti makna nasihat dari elegi ini kita akan mengetahui betapa terbatasnya ilmu-ilmu yang dirancang oleh manusia termasuk ilmu matematika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN DAN KEMUNGKINAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN LPTK

MAKALAH PENGEMBANGAN ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LEARNING TRAJECTORY

KAJIAN PETA FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN