Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 16: Apakah Matematika Kontradiktif (Bagian Keenam)

Refleksi:

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 16: Apakah Matematika Kontradiktif (Bagian Keenam)

Oleh: Dr. Marsigit
Direfleksi oleh:
DAFID SLAMET SETIANA
P. Mat B PPs UNY 2011
Aspek Ontologi
Pada hakikatnya matematika adalah kalimat-kalimat yamg penuh dengan kekontradiksian. Kalimat-kalimat tersebut nilai kebenarannya sangat tergantung pada ruang dan waktu. Dan tidak hanya kalimat matematika, tetapi kalimat-kalimat yang lain juga tak akam terhindar dari kekontradiksian.
Aspek Epistimologi
Kalimat dalam matematika sama seperti kalimat yang kita gunakan sehari-hari hanya saja beda cara penyampaiannya. Kalimat matematika terkesan lebih kaku dan tegas.
Aspek Aksiologi
Apabila kita mencoba mengerti akan makna dari elegi ini, mungkin kita akan mengetahui bahwa bahasa matematika sebenarnya sama seperti bahasa ataupun kalimat yang biasa kita gunakan sehari-hari, hanya saja beda cara penyampaiannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN DAN KEMUNGKINAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN LPTK

MAKALAH PENGEMBANGAN ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LEARNING TRAJECTORY

KAJIAN PETA FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN