Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 17: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Ketujuh)

Refleksi:

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 17: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Ketujuh)

Oleh: Dr. Marsigit
Direfleksi oleh:
DAFID SLAMET SETIANA
P. Mat B PPs UNY 2011
Aspek Ontologi
Matematika, gimanapun alasannya tetaplah kontradiktif. Mungkin setiap kali matematika mempertontonkan mukanya adalah sesuatu yang konsisten yang sudah kelihatan paten dan mantap, tapi itu muka saja…dibalik semua itu kontradiktiflah semuanya.
Aspek Epistimologi
Muka matematika yang selalu mempertontonkan kekonsistenannya, mungkin kalau di buka secara blak-blakkan matematika bagaikan raja yang kehilangan mahkota. Itulah sebabnya selalu ditutupi dengan cadar konsisten setiap saat.
Aspek Aksiologi
Sebagai orang-orang matematika khususnya jangan bertindak membanggakan ilmu matematika kita. Itu hanyalah ilmu biasa, dan tidaklah membanggakan hanya dengan menguasai ilmu matematika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN DAN KEMUNGKINAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN LPTK

MAKALAH PENGEMBANGAN ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LEARNING TRAJECTORY

KAJIAN PETA FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN