Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 20: Apkh Mat Kontradiktif? (Tanggapn utk Bu Kriswianti bgn kedua)


Refleksi:

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 20: Apkh Mat Kontradiktif? (Tanggapn utk Bu Kriswianti bgn kedua)

Oleh: Dr. Marsigit
Direfleksi oleh:
DAFID SLAMET SETIANA
P. Mat B PPs UNY 2011
Aspek Ontologi
1. Matematika adalah ILMU tentang penelusuran Pola dan Hubungan
2. Matematika adalah ILMU tentang Pemecahan Masalah (ProblemSolving)
3. Matematika adalah ILMU tentang Kegiatan Investigasi
4. Matematika adalah ILMU berkomunikasi.
5. ….
Aspek Epistimologi
Matematika adalah matematika, dan sampai kapanpun tidak aka nada kata yang sanggup mendefinisikannya.
Aspek aksiologi
Dengan merenungi elegi ini kita akan lebih terbuka dalam belajar matematika, sehingga terhindar dari matematika yang bersifat kaku seperti patung. Semoga kita tidak akan menjadi patung-patung matematika, atau menjadi robot-robot matematika….seharusnya kita menjadi pengelola matematika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN DAN KEMUNGKINAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN LPTK

MAKALAH PENGEMBANGAN ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LEARNING TRAJECTORY

KAJIAN PETA FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN