Refleksi Perkuliahan Filsafat

Aku duduk di baris kedua di perkuliahan siang tadi. Membuka laptop dengan file pdf tentang filsafat idealism yang akan dibahas pada pertemuan itu. Mas Sulistyono dengan senyam senyum mempresentasikan hasil belajarnya semalam. Duduk di depan dengan rambut belah tengah khasnya. Setelah presentasi sebentar, sesi komentar dan tanya-tanyapun dibuka. Adalah Mas Kusaeri yang pertama membuka pertanyaan tentang bedanya inspirasi dan ide. Meskipun saya masih kurang faham penuh, sayapu menyela sebentar mengungkapkan sedikit pengetahuan saya tentang apa itu ide dan apa itu inspirasi, yang sepengetahuan saya inspirasi merupakan ise yang kreatif dan cenderung inofatif. Keluarnya inspirasipun biasaya tergugah oleh suasana hati maupun setting tempat yang cocok dengan si pencari inspirasi. Tak lama kemudian Mas Ridwanpun ikut menyatakan pendapatnya tentang idealism yaitu tentang apa yang dipikirkan dan direalisasikan sesudahnya. Pendapat-pendapat yang semakin banyakpun juga dinyatakan oleh Mas Riawan, Mas Ikhsan, Bu Maryati, Bu Rahayu, Bu Dini dan Mas Bayu yang selalu mengaitkan segalanya dengan keolahragaan yang merupakan bidang keahliannya. Tetapi tidak dengan Mbk Daim, dia diam, tenang dan main laptop, tidak saya ketahui sedang meliat-lihat apa di laptopnya, syapunpun menerka ya mungkin itu filsafat pendaimnya, eh..maksud saya pendiamnya. Hal serupa juga dilakukan Pak Cipto yang asik ngenet dengan tabletnya, mungkin Pak Cipto lagi nyicil sibuk dengan kegiatan kampusnya, yang tak lain kerjaan-kerjaan di seni musik FBS UNY. Tak lama setelah itu Pak Dardiri pun menyudahi perkuliahan hari ini, saya dan rekan-rekan IP-pun bergerombol keluar ruangan menuju bawah pohon rindang untuk melepas penas. Crik..Crik..Puusss...Mas Iksan mulai menyulut sebatang rokok dan diikuti teman-teman yang lain...Senyum-senyumpun mulai mengembang, menyadari hidup terlalu rugi jika hanya untuk kepenatan...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN DAN KEMUNGKINAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN LPTK

MAKALAH PENGEMBANGAN ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LEARNING TRAJECTORY

KAJIAN PETA FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN